Jumat, 12 Juli 2019

Sejarah Singkat Fakultas Hukum Universitas Tanjungpura

Sejarah Singkat Fakultas Hukum Universitas Tanjungpura


Catatan sejarah berdiri Fakultas Hukum Universitas Tanjungpura tidak terlepas dari sejarah berdirinya Universitas Tanjungpura. Pada tanggal 20 Mei 1959 di Pontianak Kalimantan Barat berdiri Perguruan Tinggi Swasta bernama Universitas Daya Nasional (UNDANAS). Dasar berdirinya adalah Akta Notaris No. 29 tanggal 29 Mei 1961.

Fakultas yang pertama yang ada di UNDANAS adalah Fakultas Hukum bersama dengan Fakultas Tata Niaga yang saat ini menjadi Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Pada mulanya Fakultas Hukum diurus oleh Tenaga Pengajar (Dosen) tidak tetap, yaitu para Sarjana Hukum dari berbagai instansi yang ada di Pontianak pada waktu itu. Latar belakang mahasiswa pada saat itu terdiri dari kalangan Pegawai Negeri Sipil, TNI/Polri, dan karyawan swasta.

Berdasarkan Keputusan Menteri Perguruan Tinggi Ilmu Pengetahuan (P.T.I.P) No. 53 Tahun 1963, tanggal 16 Mei 1963 maka Universitas Daya Nasional yang berstatus swasta menjadi Perguran Tinggi Negeri dengan nama Universitas Negeri Pontianak (UNEP). Pada waktu itu Fakultas Hukum Universitas Negeri Pontianak (UNEP) bekerjasama dengan Fakultas Hukum Universitas Indonesia (UI) yang hanya memiliki 1 (satu) Program Studi, yaitu Program Studi Ilmu Hukum. Pada perkembangan selanjutnya pada tahun 1972, Fakultas Hukum memiliki 3 (tiga) Jurusan, yaitu Jurusan Hukum Pidana, Jurusan Hukum Perdata dan Jurusan Hukum Tata Negara.

Setelah 22 tahun kemudian, tepatnya pada tahun 1993 atas prakarsa Konsorsium Ilmu Hukum Sistem Jurusan di Fakultas Hukum ditiadakan dan diganti menjadi Bagian-Bagian, yaitu: Bagian Hukum Pidana, Bagian Hukum Keperdataan, dan Bagian Hukum Tata Negara. Pada tanggal 25 Oktober 2002, berdasarkan Surat Keputusan Dekan Nomor 2273/J22.1/PP/2002 Program Studi Ilmu Hukum bertambah menjadi 2 (dua) Bagian lagi, yaitu Bagian Hukum Ekonomi dan Bagian Hukum Internasional. Dengan penambahan ini maka Fakultas Hukum Untan memiliki 5 bagian, yaitu: Bagian Hukum Pidana, Bagian Hukum Keperdataan, Bagian Hukum Tata Negara, Bagian Hukum Ekonomi, dan Bagian Hukum Internasional.

Sekian sejarah singkat Fakultas Hukum Universitas Tanjungpura. Semoga dapat memberikan pengetahuan dan manfaat.



  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Item Reviewed: Sejarah Singkat Fakultas Hukum Universitas Tanjungpura Description: Rating: 5 Reviewed By: DPM FH UNTAN
Scroll to Top