Rabu, 30 Oktober 2019

Program Penyerapan Aspirasi Mahasiswa 2019

Logo Program Penyerapan Aspirasi Mahasiswa 2019

Program Penyerapan Aspirasi Mahasiswa (PAM)

Aspirasi adalah suatu keinginan yang kuat atau cita-cita. Dalam pengertian yang lain aspirasi adalah harapan perubahan yang lebih baik dengan tujuan untuk meraih keberhasilan di masa depan.

Dewan Perwakilan Mahasiswa mengingat sangat pentingnya mengetahui aspirasi dari mahasiswa, agar terwujudnya demokrasi dan perubahan yang lebih baik untuk Fakultas Hukum Untan.

Dewan Perwakilan Mahasiswa mengadakan suatu program kerja untuk menyerap aspirasi dari mahasiswa, program kerja itu bernama PAM (Penyerapan Aspirasi Mahasiswa). Program kerja ini mendapat persetujuan dan dukungan dari Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Fakultas Hukum Untan. Dalam pelaksanaannya program kerja ini dibawah Komisi B yang dipimpinan oleh Ketua Komisi B yaitu Andrie Hutabarat.

Cara Menyerapan Aspirasi Mahasiswa 

Dalam rangka menyerap aspirasi mahasiswa, DPM melaksanakan beberapa cara agar aspirasi dapat diserap secara maksimal. DPM melaksanakan tiga cara, yaitu :

1. DPM Goes to LOK

DPM Goes to LOK adalah mekanisme penyerapan aspirasi khusus untuk menyerap aspirasi dari LOK yang ada di Fakultas Hukum Untan. DPM mengundang LOK untuk rapat dalam rangka menyerap aspirasi LOK tersebut. Rapat ini diadakan antara DPM dan satu per satu LOK agar tercipta komunikasi yang baik supaya dapat menyerap aspirasi secara maksimal. Di akhir rapat tersebut LOK akan menyerahkan lampiran berisi aspirasi kepada DPM.


DPM bersama LOK Justitia Club
DPM bersama LOK MAKUMPALA
DPM bersama LOK PMKP
DPM bersama LOK KOPIAH
DPM bersama LOK IMKA Pijar
DPM bersama LOK ECFL
DPM bersama LOK FKMI Al Mizan

2. Kotak Aspirasi

DPM tidak hanya menyerap aspirasi LOK tetapi juga menyerap aspirasi dari mahasiswa. Untuk menyerap aspirasi mahasiswa DPM menyediakan Kotak Aspirasi yang dipasang pada 4 titik di Fakultas Hukum Untan yaitu di mading depan, gazebo, mading belakang dan kantin. Kotak Aspirasi ini dipasang dari tanggal 18 September 2019 sampai 11 Oktober 2019 kemudian waktu diperpanjang sampai pada tanggal 23 Oktober 2019.

Kotak Aspirasi di mading depan
Kotak Aspirasi di gazebo
Kotak Aspirasi di mading belakang
Kotak Aspirasi di kantin

3. Aspirasi Online

Untuk menyerap aspirasi mahasiswa, selain menyediakan Kotak Aspirasi DPM juga menyediakan media online bagi mahasiswa yang ingin menyampaikan aspirasinya. Caranya dengan membuka website www.dpmfhuntan.com kemudian mengisi FORM ASPIRASI MAHASISWA. Form aspirasi ini dibuka dari tanggal 18 September 2019 sampai 11 Oktober 2019 kemudian waktu diperpanjang sampai pada tanggal 23 Oktober 2019.

Rekap Aspirasi

Setelah menyerap aspirasi dengan tiga cara, kemudian DPM akan melakukan rekapitulasi terhadap semua aspirasi tersebut. Hasil dari rekapitulasi aspirasi tersebut selanjutnya akan dibawah dalam rapat bersama Badan Eksekutif Mahasiswa dan Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni.

Rapat Penyampaian Aspirasi


Sesuai tugas DPM yaitu sebagai lembaga yang mewakili mahasiswa, maka setelah mendapatkan aspirasi selanjutnya harus menyampaikan dan memperjuangkan aspirasi tersebut. Hasil dari rekapitulasi aspirasi dari LOK dan mahasiswa dibawa dan disampaikan pada Rapat Penyampaian Aspirasi. Rapat tersebut antara DPM bersama BEM dan Wakil Dekan Bid. Kemahasiswaan dan Alumni. 


Rapat DPM bersama
BEM dan Wadek Bid. Kemahasiswaan dan Alumni
Penyerahan Aspirasi dari DPM
kepada BEM dan Wadek Bid. Kemahasiswaan dan Alumni
Setelah DPM menyerap dan menyampaikan aspirasi mahasiswa, tahap selanjutnya adalah memperjuangkan aspirasi tersebut yang menjadi tanggungjawab bersama. Memperjuangkan aspirasi terwujud tidaklah membutuhkan waktu yang singkat, melainkan harus ada perjuangan yang terus menerus harus dilakukan. 
Diharapkan setelah adanya program Penyerapan Aspirasi Mahasiswa 2019, selanjutnya akan ada perubahan menjadi lebih baik untuk Fakultas Hukum Untan.

Salam Hormat, DPM FH UNTAN Periode 2019/2020
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Item Reviewed: Program Penyerapan Aspirasi Mahasiswa 2019 Description: Rating: 5 Reviewed By: DPM FH UNTAN
Scroll to Top